Tuesday, October 30, 2012

Sedikit Profil Tentang Desa Jambuwer

Jambu Air bukan Jambuwer ( Hanya Sebuah Ilustrasi )

Jambuwer merupakan desa tempat aq di lahirkan n hanya 2 tahun aq menetap disana. Lho… ko’ cuma 2 tahun…?!?!?! Yeah…  aq memang lahir di Desa Jambuwer tepatnya Dusun Rekesan, tapi kata Emak sekitar umur 7 bulan aq di momong ( diasuh ) nenekku yang tinggal di Kepanjen, baru tahun 1997-1999 aq kembali ke pelukan kedua orang tuaku setelah nenekku meninggal hiiikkksss…. tapi tetep semangat lanjuuuttt…..

Jambuwer sebuah desa kecil yang terletak di kaki Gunung Kawi n masuk dalam wilayah Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Berbatasan langsung dengan Desa Sidorejo Kabupaten Blitar di sebelah Barat, Desa Peniwen di sebelah Timur, Desa Sumberdem di sebelah Utara, dan Dusun Rekesan sebagai titik akhir berbatasan dengan bendungan Lahor Karangkates di sebelah Selatan. Desa yang sejak tahun 1999 aq tinggal hijrah ke Surabaya untuk melanjutkan pendidikan n bekerja ini terdiri dari beberapa dusun yaitu Glagah Arum, Bulupogok, Krajan n Rekesan. Untuk dusun Rekesan terbagi menjadi 2, Rekesan Lor n Rekesan Kidul. Di Dusun Rekesan Kidul inilah kedua orang tua, saudara n para sahabat tinggal dan menetap.

Khusus untuk Dusun Rekesan Kidul merupakan keunikan tersendiri bagi desa Jambuwer, karena letaknya yang diapit dua lautan ( kakakakakaka lautan jare…. ) atau lebih tepatnya dikelilingi air dari bendungan Lahor dan banyak orang menyebutnya “Pulau Rekesan”.

Karena lokasinya yang ada di kaki gunung, akses untuk masuk ke Desa Jambuwer adalah jalan desa yang berkelok2 naik turun perbukitan dan banyak pemandangan yang masih alami dengan udara yang sejuk bebas polusi. Warga Desa Jambuwer  sebagian besar menjadi petani dan tidak sedikit pemuda pemudinya yang merantau keluar kota maupun luar negeri termasuk aq yang tinggal di Surabaya bersama anak n istriku. Desa yang sangat memegang teguh adat istiadat yang sampai saat ini masih melekat ditengah2 masyarakat ini mempunyai penduduk sekitar 4000an. Kehidupan warga jambuwer penuh dengan sifat gotong royong n slalu welcome bagi siapa saja yang ingin tinggal dan menetap.

Pada Rabu Pahing 21 September 2011 Jambuwer mempunyai hajatan besar, sebuah hari bersejarah untuk perkembangan desa Jambuwer di masa yang akan datang. Pemilihan Kepala Desa Jambuwer periode 2011-2017 adalah hajatan besar itu. Dalam pilkades kali ini diikuti 5 calon, diantara 5 calon itu terdapat nama kakak sepupuku yang juga dari Dusun Rekesan Kidul.

Sumber : https://ingraya.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment