Tuesday, October 30, 2012

Hari Pemilihan Kepala Desa Jambuwer 2011 - 2017

Balai Desa Tempat Pemilihan
Hari bersejarah itu telah datang warga dan masyarakat Jambuwer siap menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing2, kartu undangan untuk menggunakan hak pilih secara langsung pun sudah ada di tangan, ada sekitar 3600 warga yang mendapatkan hak pilih. Balai Desa Jambuwer berbenah menyambut para calon dan warga yang akan menentukan masa depan desanya. Di dalam gedung Balai Desa sudah dipersiapkan tempat duduk ( kwade ) untuk calon n para calon pun sudah duduk sesuai nomor urut pemilihan, logistik untuk pemilihan pun sudah siap pada tempatnya. Dalam kompetisi seperti ini ( Pilkades ) pasti ada yang menang n ada yang kalah, tapi semua calon hanya siap menangnya saja… untuk siap kalah…?!?!?!?!?!? Walahu’allam….
Aq dan seluruh warga dari Dusun Rekesan memiliki rasa optimis n harapan yang tinggi untuk kemenangan Kang Wuh menjadi J1. Untuk menuju balai desa dan memudahkan dalam koordinasi panitia mempersiapkan 2 truk untuk mengantar dan menjemput warga Dusun Rekesan yang tidak memiliki kendaraan, setiap kali truk menjemput warga selalu di kawal Satgas demi menjaga keamanan. Di Dusun yang lain aq tidak tahu banyak apakah warganya juga diangkut truk untuk menuju Balai Desa atau tidak.
Bagi para jompo n manula yang tidak bisa datang ke Balai Desa, panitia akan mengirimkan petugas yang di kawal polisi untuk mendatangi n mendata  warga agar  menggunakan hak pilihnya di rumah masing2. Aq pun juga berangkat dengan naik motor bersama warga yang lain. Sampai di Balai Desa, panitia mengarahkan pemilih agar mendatangi Ketua RTnya masing2 n menyerahkan kartu undangan untuk di tanda tangani n di tukar dengan kertas pemilihan setelah itu masuk ke bilik pemungutan suara n melakukan pencoblosan pada salah satu gambar calon. Proses pengambilan suara yang dimulai jam 07.30-12.30 berlangsung dengan lancar n aman. Setelah semua warga sudah menggunakan hak pilihnya maka akan dilakukan penghitungan suara pada pukul 13.30.
Saat yang ditunggu itupun telah tiba, panitia mulai mengambil kotak suara n mulai melakukan penghitungan. Dalam proses penghitungan juga dihadiri Camat Kromengan, keamanan dari Kepolisian n salah satu anggota DPR dari Kabupaten Malang. Saksi dari masing2 calon sudah siap mengawal penghitungan, petugas pencatat hasil juga sudah siap. Nampak seluruh warga Desa Jambuwer yang tumplek blek di Balai Desa mulai menunjukan wajah2 tegang, mereka berharap calon ( jagoannya ) bisa mendapat suara terbanyak n berhak J1 untuk memimpin Jambuwer. Atas inisiatf q, aq mengajak teman n tetangga untuk ikut menulis setiap perolehan suara yang di sebutkan oleh panitia.
 Berdebar2 n harap2 cemas, itulah yang dirasakan warga Jambuwer dalam mengikuti setiap penghitungan suara. Wajah para calon juga nampak tegang n gelisah. Perolehan suara Kang Wuh bersaing ketat dengan perolehan suara milik Bapak Sukirno/Sya’roni di urutan teratas. Setiap nomor urut Kang Wuh disebut, kami pun bersorak gembira. Harus diakui walau jumlah calon ada 5, tapi untuk masalah dukung mendukung, pendukung Kang Wuh lah yang paling banyak. Tapi walaupun begitu tidak ada gesekan yang terjadi, semua proses penghitungan berlangsung aman. Kejar mengejar suara pun terus terjadi antara Kang Wuh dengan Bapak Sukirno n hanya beda tipis. Hal ini memang sudah di prediksi, karena warga Dusun Rekesan menganggap saingan terberat Kang Wuh adalah Bapak Sukirno dalam Pilkades Jambuwer kali ini.
Menjelang jeda Maghrib calon yang tersisa tinggal 2 yaitu Kang Wuh n Bapak Sukirno, untuk 3 calon yang lain sudah turun karena perolehan suaranya sudah tidak ada peluang lagi untuk mengejar perolehan suara Kang Wuh ataupun Bapak Sukirno. Perolehan suara Kang Wuh sendiri sudah memimpin n selisih 100 dari suara Bapak Sukirno. Kami… warga Dusun Rekesan semakin yakin akan peluang Kang Wuh untuk memenangkan Pilkades Jambuwer.
Dan… harapan itu benar2 terwujud nyata… Sekitar jam 20.00 penghitungan suara selesai n perolehan suara Kang Wuh tetap memimpin dengan selisih 173 suara dari perolehan suara Bapak Sukirno. Kang Wuh pun resmi menjadi Kepala Desa Jambuwer Terpilih periode 2011-2017.
Inilah hasil lengkap perolehan suara Pilkades Jambuwer :
1. Gita dari Dusun Rekesan Lor memperoleh 170 suara
2. Sukirno/Sya’roni dari Dusun Glgah Arum memperoleh 1113 suara
3. Tuwuh Adi Dari Dusun Rekesan Kidul memperoleh 1286 suara
4. Purwanto dari Dusun Krajan memperoleh 286 suara
5. Ngajiono dari Jambuwer memperoleh 551 suara
Sedangkan suara rusak ( tidak sah ) mencapai 131 suara. Total suara yang terkumpul 3537 suara. Sebuah pesta Demokrasi yang sangat Fair Play n menjunjung tinggi sportifitas, yang kalah mengaku kalah n yang menang tetap merangkul yang kalah. Salut……..
Sorak sorai tidak dapat terbendung lagi dari warga Dusun Rekesan yang menunggu seharian penuh bahkan rela meninggalkan sumber kehidupan yaitu bertani n mencari pakan ternak ( Kambing n Sapi ) untuk menyambut kemenangan Kang Wuh menjadi pemimpin Desa Jambuwer periode 2011-2017, mereka n tidak ketinggalan juga aq meluapkan kegembiraan dengan tetap menjaga kesopanan n menjaga perasaan bagi pendukung calon lain yang gagal dalam Pilkades.
Pada jam 21.00 Kang Wuh diarak n  diangkut mobil panitia n di kawal polisi diiringi dengan konvoi ratusan sepeda motor pendukungnya menuju kediamanya di Dusun Rekesan Kidul. Aq juga turut dalam konvoi itu n berbaur bersama warga yang lain meluapkan kegembiraan. Hiruk pikuk konvoi dengan geberan suara motor memecah dinginya malam di Desa Jambuwer dalam menyambut sejarah baru dengan penuh meriah seperti layaknya perayaan Tahun Baru. Malam yang begitu indah n membuat warga terharu atas terukirnya sejarah ini, sebuah sejarah dari Dusun Rekesan bagi perkembangan masa depan Desa Jambuwer.
Kang Wuh pemecah hegemoni tlatah utara dari selatan yang pertama menjadi Jambuwer 1 ( Kepala Desa ). Tapi… sejarah tidak berhenti sampai disini, karena inilah awal dari sejarah itu. Yeeeaaahhh… sejarah untuk memulai perjuangan, perjuangan untuk memajukan Desa Jambuwer agar lebih baik dalam segala bidang kehidupan yang dapat dinikmati seluruh warga. Perjuangan yang tidak hanya dilakukan oleh seorang pemimpin saja, tapi seluruh warga saling bahu membahu dan bekerjasama dalam membangun Desa Jambuwer.
Aq secara pribadi berharap dalam masa kepemimpinan Kang Wuh, Desa Jambuwer khususnya Dusun Rekesan mampu meningkatkan mutu pendidikan agar kelak lahir generasi penerus yang mampu menguasai segala bidang Ilmu Pengetahuan n Teknologi. Menjadi pemimpin memang berat tantangannya, tapi aq percaya Kang Wuh mampu mengemban amanah yang dipercayakan kepadanya.
SELAMAT BEKERJA KANG WUH…. SEMOGA SUKSES…..!!!

No comments:

Post a Comment